Cara beternak ayam bangkok super



Cara beternak ayam bangkok super -Berikut ini saya akan menyampaikan tentang cara beternak ayam bangkok super . siapa sih yang gak tau ayam bangkok ??


Ayam bangkok sudah sangat familiar lagi untuk para pecinta ayam . Sesuai dengan sebutannya ”Bangkok “ ayam ini memang berasal dari Thailand . Bagi Anda penggemar ayam bangkok mungkin ini bisa jadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan karena harga jual ayam ini memang lebih tinggi di pasaran dari pada ayam yang lainnya . Oleh karena itu banyak orang yang tergiur untuk membudidayakannya .
Berikut ulasan saya mengenai cara beternak ayam bangkok super .

1.       Memilih indukan yang bagus

Untuk mendapatkan anakan yang bagus , indukan pun juga harus sama berkualitas . Anda harus betul-betul tahu mengenai kualitas ayam bangkok , jangan salah pilih nantinya . Berikut ciri ayam bangkok yang berkualitas .
a.       Ayamnya sehat
b.      Memiliki bentuk fisik yang bagus
c.       Agresif

2.       Pemilihan kandang umbaran

Kandang atau tempat tinggal buat ayam bangkok ini sangatlah penting , terutama pada saat proses perkawinannya . usahakan kandang jangan berbentuk box .

3.       Buatlah kandang untuk calon anakan

Sembari menunggu proses perkawinan , sebaiknya yang Anda lakukan adalah membuat kandang untuk sang anak . Agar nanti sang induk betina setelah menetaskan telurnya , Anda bisa langsung memindahkannya . Selama masa perkawinan Anda harus memberikan makanan yang bergizi cukup untuk menjaga kesehatan indukan .

4.       Proses pengeraman

Ada tips saat sang betina mengerami telurnya , yakni sebaiknya disiram sedikit air agar indukan mau melakukan proses perkawinan lagi, ini diupayakan untuk menambah jumlah telur .
Perbandingan induk jantan dan betina adalah tiga banding 1 . Karena 1 ayam jantan bisa mengawini 3 hingga 4 induk betina .

Baca juga artikel pakan ternak ayam bangkok aduan , cara membuat kandang ayam dari bambu cara mengawinkan ayam bangkok , cara membuat kandang umbaran ayam bangkok sederhana dan ukurannya . 

5.       Proses penetasan

Indukan ayam dapat bertelur selama seminggu setelah kawin . Telur yang dihasilkan memang tidak banyak seperti ayam yang lainnya . Ayam bangkok biasanya mampu bertelur sebanyak 20 butir telur . Berbeda dengan ayam kampung yang mampu berterlur sebanya 40 butir .

Penetasan telur ayam bangkok bisa dilakukan secara alamiah dengan cara membiarkan indukan mengerami telurnya atau juga bisa menggunakan alat pengeram telur . Kelebihan dari alat pengeram telur adalah meminimalisir terjadinya kerusakan pada telur .
Dalam kondisi normal , telur ayam bangkok akan menetas kurang lebih selama 21 hari setelah dierami induknya .
                Demikianlah informasi mengenai cara beternak ayam bangkok super . Semoga bisa menginspirasi anda di rumah .

0 komentar