Cara mengawinkan ayam bangkok super



Cara mengawinkan ayam bangkok super- Berikut ini saya akan menyampaikan tengang cara mengawinkan ayam bangkok super , semoga bermanfaat bagi Anda sekalian .
Untuk mendapat anakan yang bagus induk ayam bangkok harus yang berkualitas dan caranya pemeliharaannya harus benar . Umumnya ayam bangkok jantan mampu mengawini 4 ayam bangkok betina . Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengawinkan ayam bangkok anda .
1.       Perkawinan secara alami
Anda bisa menempatkan beberapa induk ayam bangkok betina dalam satu kandang kumbaran yang berisi satu induk ayam jantan .
Untuk ukuran kandang silahkan Anda sesuaikan sendiri , misalnya untuk 3-4 ayam bangkok betina dan 1 ayam bangkok jantan bisa menggunakan kandang yang berukuran 2x4 meter . ukuran ini sudah ideal untuk melakukan proses perkawinan . Selanjutnya biarkan sang indukan melakukan proses perkawinan secara alamiah tanpa campur tangan Anda .
2.       Perkawinan secara dog-dogan

Perkawinan dengan cara ini biasanya dilakukan dengan cara memegang induk betina kemudian disodorkan kepada induk jantan dengan posisi ekor menghadap kedepan , maka tidak perlu menunggu waktu yang lama .  Lakukan cara ini secara berulang kali agar sel telur induk betina mampu terbuahi secara sempurna oleh sel sperma induk jantan . Cara ini bagus dilakukan setiap hari agar induk betina cepat bertelur .
Setelah proses perkawinan Anda sebaiknya merawat dan membuat sarang telur . Sarang yang Anda buat nantinya akan berpengaruh pada telur-telur  yang dihasilkan oleh induk betina . Maka dari itu buatlah sarang senyaman mungkin dan letakan di daerah yang tidak terkena matahari secara langsung . Jangan lupa juga memperhatikan sirkulasi udara di sekitar kandang , pastikan semuanya sudah terpenuhi .
Anda bisa menggunakan sarang dari kotak kayu yang dialasi oleh jerami ( dami ) , jika sulit menemukan jerami , pastikan Anda menemukan bahan yang mampu menahan panas agar si induk betina mengeram suhunya tetap normal .
Demikian informasi seputar cara mengawinkan ayam bangkok super . semoga bisa menginspirasi Anda di rumah .

0 komentar