Cara agar ayam betina mau kawin

Cara agar ayam betina mau kawin 

Berikut ini kami akan menyampaikan informasi mengenai cara agar ayam betina mau kawin . Salah satu masalah yang sering dialami oleh peternak ayam bangkok ialah ayam betina yang tidak mau kawin , ini disebabkan karena ayamnya sedang dalam kondisi stress atau takut dengan pejantannya .
Cara agar ayam betina mau kawin ini terdapat dua cara yakni dengan perkawinan yang alami atau dengan perkawinan secara dog dogan . Perkawinan ini sendiri biasanya sang pejantan mampu mengawini 3 sampai 4 ekor ayam betina sekaligus . Pemilihan indukan sendiri sangat berpengaruh bagi keturunannya . Untuk menghasilkan anakan yang super sebaiknya Anda memilih ayam betina yang bagus , sehat , tidak cacat . Berikut penjelasan dari kedua cara yang sudah dipaparkan diatas tadi .
Yang pertama 
ialah menempatkan ayam pejantan dengan beberapa ayam betina dalam satu umbaran ( kandang ) , dengan ukuran kandang minimal 2 x 4 m agar ayam tidak stress karena umbaran yang terlalu sempit . Kemudian biarkan beberapa hari tanpa campur tangan Anda , cara ini sangatlah simple dan mudah dilakukan .
Yang kedua 
Baca juga  Cara membuat kandang ayam dari bambu
ialah dengan cara dog dogan , maksudnya adalah mengawinkan si betina dengan cara dipegang , kemudian disodorkan kepada ayam jantan dengan posisi ekor menghadap kedepan , tanpa waktu yang lama si jantan akan menaiki di betina dan melakukan proses perkawinan , lakukan cara ini secara berulang agar sel telur jantan dapat membuahi sel betina , untuk hasil yang lebih Anda bisa melakukan cara ini setiap hari . Dalam waktu yang tidak cukup lama berkisar 12 sampai 13 hari , induk betina akan segera bertelur .
Pada saat si betina akan bertelur , sebaiknya Anda menyiapkan tempat yang baik dan bagus bagi si betina agar merasa nyaman dan proses penetasan berjalan dengan sempurna . Anda bisa membuat kandang dengan menggunakan kotak kayu yang sudah dialasi oleh jerami , jika tidak terdapat jerami Anda bisa mengganti dengan bahan yang bisa menahan panas sehingga pada saat induk mengeram , suhunya tetap terjaga .
Demikian informasi mengenai cara agar ayam betina mau kawin , semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi Anda dirumah .

0 komentar