Cara membuat kandang ayam dari bambu

Cara membuat kandang ayam bangkok dari bambu- Berikut ini saya akan menyampaikan tentang cara membuat kandang ayam bangkok dari bambu . Untuk Anda yang mau menjalankan bisnis budidaya ayam bangkok , Anda bisa memulainya dulu dengan membuat kandangnya . Seperti yang Anda ketahui bahwa kandang ayam sendiri sudah banyak terdapat dipasaran dengan kisaran harga yang bervariasi . Nah untuk Anda yang mempunyai budget yang sedikit atau mungkin meminimalkan modal untuk membuat kandang , Anda bisa menggunakan bambu sebagai bahan untuk membuat kandang ayam bangkok Anda . Kandang ayam sendiri dibuat sebagai rumah , oleh sebab itu Anda harus membuat kandang yang senyaman mungkin untuk ayam bangkok Anda , karena untuk melindungi si ayam juga membuat merasa senyaman mungkin di kandang .

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam pembuatan kandang ayam bangkok . Dimulai dari jenis bahan yang akan digunakan serta lokasi tempat pembuatan kandang . Untuk membuat suatu kandang yang bagus memang tidak harus mahal , Anda cukup menggunakan dengan bahan bambu . Berikut cara membuat kandang ayam bangkok dari bambu .

1.       Ukuran kandang

Untuk ukuran kandang Anda harus menyesuaikan dengan jumlah ayam bangkok yang Anda pelihara . Contohnya jika anda mempunyai lahan seluas 25 meter persegi , maka kandang yang bisa Anda buat adalah ukuran 10  meter persegi . Kandang tersebut bisa menampung 70-100 ekor ayam bangkok .

2.       Letak kandang

Untuk letak atau lokasi kandang , usahakan Anda jauhkan dari pemukiman sekitar juga rumah Anda sendiri . Jarak rumah dari lokasi kandang minimal 20 meter . Hal ini bertujuan untuk menghindarkan bau yang tidak sedap juga infeksi dari ayam bangkok .

3.       Arah kandang

Arah kandang sebaiknya mengahadap ke arah timur atau ke barat , ini bertujuan untuk ayam bangkok menerima sinar matahari secara langsung , karena sinar matahari bagus untuk menjaga kesehatan ayam bangkok Anda .

4.       Konstruksi kandang

Setelah menyelesaikan 3 tahap di atas Anda bisa langsung membuat kandang ayam .

A.      Atap kandang

Atap merupakan salah satu bagian yang penting dalam pembuatan kandang . karena atap kandang ini melindungi ayam bangkok Anda dari hujan dan juga panas . Atap kandang bisa buat dari bahan seperti ijuk seng,terpal asbes dan rumbai .

B.      Dinding kandang

Dinding kandang ini selain bisa menggunakan bahan bambu , Anda juga bisa menggunakan kawat maupun triplek . Bahan tersebut bisa digunakan untuk pemisah antara kandang satu dengan kandang yang lain .

C.      Lantai kandang

Sebaiknya lantai kandang Anda dicor agar mempermudah sanitasi . Jika budget yang Anda miliki kurang , maka Anda juga bisa menggunakan campuran antara serbuk gergaji
, kapur dan sekam . Bahan tersebut berfungsi untuk menjaga agar kandang ayam bangkok Anda bersih dan tidak becek . 


`               Demikian informasi seputar cara membuat kandang ayam bangkok dari bambu . Semoga bisa menginspirasi Anda dirumah .

0 komentar