Cara budidaya jamur tiram di rumah



Cara Budidaya Jamur Tiram di Rumah - Berikut ini saya akan menyampaikan informasi seputar cara budidaya jamur tiram di rumah . Sekarang ini sudah banyak bisnis rumahan yang menjanjikan , salah satunya yaitu membudidayakan jamur tiram karena budidayanya yang cukup mudah dan banyak diminati oleh kalangan masyarakat . Usaha ini membutuhkan modal yang sedikit tetapi untungnya bisa berkali-kali lipat .

Berikut ulasan mengenai langkah-langkah cara budidaya jamur tiram di rumah

1.       Pemilihan bibit

Anda harus memilih bibi jamur yang bagus agar hasil yang didapatkan benar-benar melimpah dan kualitas yang baik . Anda bisa melakukan pembibitan sendiri dengan membibitkan jamur F1 atau anda membeli langsung ke petani atau toko-toko yang menyediakan bibit jamur unggulan .

2.       Membuat media tanam

Semisal Anda mau membuat 100 kg media tanam untuk jamur , maka 80 kg untuk serbuk gergaji yang bagus dan halus juga bekatulnya sebanyak 15 kg dengan kapurnya . Setelah itu masukan air sebanyak 60 % dari jumlah media tanam . 

Jika sudah diamkan selama 4-9 hari dalam suhu ruangan kurang lebih 70 derajat .









3.       Proses sterilisasi dan inokulasi tanam

Setelah proses fermentasi selesai masukan media tanam kedalam plastik yang tahan panas , kemudian padatkan hingga berbentuk botol atau yang kita kenal dengan baglog . Ujungnya diikat dengan ring dan ditutup dengan kapas . Untuk proses sterilisasi dengan menggunakan drum yang dipanaskan api dengan suhu 95-100 derajar celcius dalam waktu kurang lebih 10 jam . Jika sudah kemudian didinginkan dengan cara didiamkan saja .

4.       Porses inokulasi , inkubasi dan pertumbuhan jamur

Setelah proses fermentasi letakan baglog ke tempat inokulasi dan diamkan selama 1 hari , pastikan ruangan inokulasi tetap dingin . Jika sudah , masukan bibit jamur kedalam baglog tersebut dengan menggunakan botol bibit yang ujungnya di beri spirtus dan dibakar kemudian matikan kembali .
Kemudian aduk bibit dengan kawat dan masukan ke leher baglog hingga penuh dan ditutup kapas .
Berikutnya bibit jamur di inkubasi agar mendapat miselium . Langkah selanjutnya adalah letakan baglog di kumbung dan beri lubang sedikit ditengah agar jamur dapat tumbuh dan siap dipanen .


Itulah sedikit mengenai cara budidaya jamur tiram di rumah , semoga bermanfaat bagi Anda dan segeralah mempraktikannya .

0 komentar